Seminar Pemanfaatan Marketplace Pada Social Media Kepada Ibu-Ibu PKK RW 06 Cengkareng Timur




Para Dosen, Staff dan juga Instruktur dari Program Studi Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta dalam rangka menjalankan salah satu tugas pokok Tri Darma perguruan tinggi mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan materi kegiatan berupa Seminar Pemanfaatan Marketplace Pada Media Social. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diadakan pada Tanggal 5 Agustus 2017. Para peserta begitu antusias untuk mengikuti kegiatan ini terbukti dengan kehadiran mereka yang tepat waktu.
Sosial media  saat ini rata-rata di gunakan oleh masyarakat umum yang ada di Negara Indonesia ini,  sosial media ini mayoritas digunakan oleh kalangan remaja dan dewasa, sampai anak-anak juga menggunakan sosial media, tidak kalah orang tua juga tidak ketinggalan gaul untuk menggunakan sosial media, sosial media mempunyai nama yang berbeda-beda, rata-rata sosial media menghubungkan orang yang berada di bumi, bukan hanya orang Indonesia berhubungan dengan orang Indonesia saja tetapi juga terjadi antar orang Indonesia dengan orang luar negeri. 
Pada seminar pemanfaatan marketplace dalam sosial media ini seluruh pesertanya adalah ibu-ibu PKK yang ada di lingkungan RW Cengkareng. Karena ibu-ibu tersebut tidak berpenghasilan rutin maka dapat mendorong dan menjadikan peluang usaha untuk ibu PKK dalam meningkatkan pendapatan tambahan. Dengan memberikan pandangan dalam pemanfaatan teknologi untuk berjualan online serta memanfaatkan beberapa aplikasi marketplace dan juga media sosial. Di awal seminar, pembicara memaparkan perkembangan media sosial dalam internet saat ini. Kemudian dijelaskan juga mengenai para pengguna yang dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi antara lain blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Semua itu merupakan bentuk media sosial paling umum yang digunakan oleh masyarakat diseluruh dunia. Selain itu pembicara memaparkan tentang marketplace. Dimana seller akan menjual barangnya dilapak yang sudah disediakan oleh e-commerce dengan konsep marketplace. Barang yang dijual marketplace tersebut akan diiklankan oleh pihak e-commerce untuk mendapatkan konsumen yang potensial. Kemudian dijelaskan pula bahwa kesuksesan e-commerce dengan konsep marketplace ini ditentukan oleh banyaknya jumlah seller dan juga konsumen yang bergabung di website e-commerce tersebut. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis.
           Dijelaskan juga untuk mendapatkan lapak berjualan seorang seller tidak dibebankan biaya sewa. Hal tersebut menyebabkan banyak orang yang mendaftar untuk melakukan jual beli di e-commerce. Pihak e-commerce pun mendapatkan keuntungan dari pihak seller dengan memanfaatkan iklan premium. Oleh karena itu seseorang yang terlibat dalam e-commerce marketplace harus pandai-pandai mengiklankan marketplacenya dengan menggunakan media sosial lain. Beberapa marketplace juga dijelaskan disini salah satunya adalah Tokopedia. Sejak diluncurkan sampai hingga ankhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.
 Selesai memberikan materi seminar, pembicara memberikan kesempatan kepada peserta pengabdian masyarakat untuk bertanya. Banyak peserta yang bertanya dengan pertanyaan yang bagus. Dengan senang hati, pembicara menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan oleh peserta.
Acara selanjutnya ditutup dengan doa. Dan sebagai ucapan terima kasih, kami memberikan kenang-kenangan untuk pengurus RW Cengkareng. Semoga kegiatan pengabdian masyarakat yang telah  kami lakukan dapat bermanfaat untuk masyarakat di RW 06 Cengkareng. Amin..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Kampus BSI Group